:::: MENU ::::
  • UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

  • WELCOME TO MY BLOG

Selasa, 23 Februari 2016


Hallo sobat selamat bertemu di blogger kami. Kali ini admin akan menjelaskan apa sih E-commerce itu?
bagi yang belum tahu apa itu E-COMMERCE nah ini dia nih blog yang cocok untuk anda baca.

E-commerce dalam bahasa indonesia yaitu Perdagangan elektronik, yang artinya penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-COMMERCE dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

sejak kapan sih adanya E-COMMERCE itu?
oke kita lanjut ke sejarah E-COMMERCE.


SEJARAH E-COMMERCE

E-COMMERCE  pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 miliar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.



nah kurang lebih seperti itu sejarah nya sob.
selanjutnya admin akan memberi tahu contoh model - model E-COMMERCE yang ada di Indonesia nih, di antaranya ada :

1. Iklan baris

nah jenis E-COMMERCE yang satu ini cukup di bilang sederhana sob. bisa di anggap sebagai evolusi dari iklan baris yang biasa nya di temui di koran-koran ke dalam dunia online. Contoh iklan baris nya juga sobat bisa lihat di website online yang biasa nya menyediakan jasa iklan baris seperti OLX, Berniaga, Facebook, dll.

2. Retail

Retail itu merupakan jenis E-COMMERCE yang dimana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Kegiatan jual beli di Retail juga relatif aman sob. Namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk. Contoh nya : Berrybenzka, Zalora, dan Lazada.

3. MarketPlace

Nah kalau MarketPlace ini adalah penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan. Marketplace umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Jadi antara penjual dan pembeli tidak ada pihak yang di tipu sob.



Ok next, Kita lanjut ke pembahasan kunci sukses dalam E-COMMERCE :

Kunci sukses dalam E-COMMERCE

  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan.

Masalah dalam E-COMMERCE

  1. Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
  2. Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.


Oke sob, itu dia kira kira gambaran E-COMMERCE menurut admin.
cukup sekian dari kami tentang pembahasan E-COMMERCE, sampai bertemu di postingan kami selanjutnya. thanks

0 komentar:

Posting Komentar

Have a trouble? Chat me on Here