:::: MENU ::::
  • UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

  • WELCOME TO MY BLOG

Senin, 29 Februari 2016

E-commerce dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang memilikikarakteristik berbeda-beda.

Business to Business (B2B)

Business to Business eCommerce memiliki karakteristik:

  1. Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memilikihubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanyadipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan sudah mengenallawan komunikasi, maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusunsesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
  2. Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, layanan yang digunakan sudah tertentu. Halini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti yang menggunakanstandar yang sama.
  3. Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data,tidak harus menunggu parternya.
  4. Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

Business to Consumer (B2C)


Business to Consumer eCommerce memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1.  Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
  2.  Pelayanan (service) yang diberikan bersifat umum (generic) denganmekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh,karena sistem Web sudah umum digunakan maka layanan diberikandengan menggunakan basis Web.
  3. Layanan diberikan berdasarkan permohonan (on demand ). Konsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuaidengan permohonan.
  4. Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server.


Consumen to consumen C2C)


Dalam C2C seseorang menjual produk atau jasa ke orang lain. Dapat juga disebut sebagai pelanggan ke palanggan yaitu orang yang menjual produk dan jasa ke satu sama lain.

  1.  Lelang C2C, Dalam lusinan negara, penjualan dan pembelian C2Cdalam situs lelang sangat banyak. Kebanyakan lelang dilakukan oleh perantara, seperti eBay.com, auctionanything.com; para pelanggan juga dapat menggunakan situs khusus seperti buyit.com atau bid2bid.com. Selain itu banyak pelanggan yang melakukan lelangnyasendiri seperti greatshop.com menyediakan piranti lunak untuk menciptakan komunitas lelang terbalik C2C online.
  2. Iklan Kecik, Orang mejual ke orang lainnya setiap hari melalui iklankecik (classified ad) di koran dan majalah. Iklan kecik berbasisinternet memiliki satu keunggulan besar daripada berbagai jenis iklankecik yang lebih tradisional: iklan ini menawarkan pembaca nasional bukan hanya local. Iklan kecik tersedia melalui penyedia layananinternet seperti AOL, MSN, dll.
  3. Layanan Personal. Banyak layanan personal (pengacara, tukang, pembuat laporan pajak, penasehat investasi, layanan kencan) tersediadi internet. Beberapa diantaranya tersedia dalam iklan kecik, tetapilainnya dicantumkan dalam situs web serta direktori khusus. Beberapagratis dan ada juga yang berbayar.

Comsumen to Business (C2B)


Dalam C2B konsumen memeritahukan kebutuhan atas suatu produk atau jasa tertentu, dan para pemasok bersaing untuk menyediakan produk atau jasatersebut ke konsumen. Contohnya di priceline.com, dimana pelangganmenyebutkan produk dan harga yang diinginkan, dan priceline mencobamenemukan pemasok yang memenuhi kebutuhan tersebut.


Perdagangan Intrabisnis (Intraorganisasional)


Dalam situasi ini perusahaan menggunakan e-commerce secara internal untuk memperbaiki operasinya. Kondisi khusus dalam hal ini disebut sebagaie-commerce B2E (business to its employees) yang digambarkan dalam studi kasus terbuka.



Pemerintah ke Warga (Goverment to Citizen — G2C)


Dalam kondisi ini sebuah unit atau lembaga pemerintah menyediakanlayanan ke para masyarakat melalui teknologi E-commerce.
Unit-unit pemerintah dapat melakukan bisnis dengan berbagai unit pemerintah lainnyaserta dengan berbagai perusahaan (G2B). E-goverment yaitu penggunaan teknologi internet secara umum dane-commerce secara khusus untuk mengirimkan informasi dan layanan publik ke warga, mitra bisnis, dan pemasok entitas pemerintah, serta mereka yang bekerja di sektor publik.

0 komentar:

Posting Komentar

Have a trouble? Chat me on Here